Apa sich “Data Warehouse”?

Buat kamu semua yang sering belajar Management Database, pasti dah sering denger istilah ini. Tapi mungkin buat orang awan, pengertian data warehouse mungkin hanya sebatas tempat menaruh semua data perusahaan atau instansi. Ehm…it’s not wrong..tapi Data Warehaouse bukan sekedar tempat menaruh semua data yang ada seperti gudang data yang semua jenis dan format data bisa masuk. So, kali ini kita akan menjelajahi lebih dalam lagi mengenai Data Warehouse supaya ke depan jika ditanya orang tentang Data Warehouse tidak salah lagi..coz ada pepatah mengatakan “Janganlah bertanya kalau sudah tau ilmunya, dan Janganlah menjawab kalau belum tau ilmunya”.^_^

1. Data Warehouse merupakan sekumpulan data yang berorientasi pada subject, terintegrasi, dan memiliki variasi  waktu, non-volatile yang bertujuan untuk mendukung pengambilan keputusan. Kumpulan data yang tersimpan di dalam data warehouse terintegrasi secara logik dan terstruktur, bersifat read-only, serta berasal dari berbagai sumber data baik data yang berasal dari sistem operasional perusahaan maupun data eksternal.

2. Karakteristik Data Warehouse adalah sebagai berikut :

a. Subject Oriented : Data warehouse didasarkan pada subject tertentu dari organisasi/perusahaan(misal:         konsumen,produk, penjualan), bukan berdasarkan area fungsional yang terdapat dalam perusahaan (misal: penjualan produk, pengontrolan barang)

b. Time Variant : Perubahan data selalu direkam secara historical sehingg laporan dapat menghasilkan gambaran mengenai keadaan dari waktu ke waktu. Hal ini karena model analisis yang diterapkan dalam data warehouse berfokus pada perubahan data faktual berdasarkan waktu (analisis trend/time series).

c. Non-volatile : Data-data yang terdapat dalam data warehouse tidak dapat di-update (bersifat read-only). Data-data  tersebut merupakan data historis yang digunakan untu memenuhi  kebutuhan analisis. Data yang baru dimasukan ke dalam data warehouse sebagai tambahan bukan sebagai pengganti.

d. Integrated : Data Warehouse harus mampu mengintegrasikan data dari berbagai sumber data perusahaan yang seringkali tidak konsisten. Data-data yang diintegrasikan harus dibuat konsisten agar dapat menyajikan suatu tampilan data tunggal untuk pengguna.

Uhf…capek juga setelah satu menit kita menjelajahi data warehouse.Gimana reader semuanya? udah taw kan sedikit mengenai Data warehouse. Semoga penjelasan yang singkat diatas dapat membantu memperkaya ilmu pengetahuan reader semuanya.
-Arigato-


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: